Open top menu
Jumat, 05 Januari 2018


LamTengNews. | Lampung Tengah - Gagasan Bupati Mustafa dalam menciptakan lumbung daging di Kab. Lampung Tengah , melalui kampung ternak mulai terprogram. Pasalnya, kini setiap kampung telah menganggarkan pembelian hewan ternak untuk pengembangan kampung ternak itu sendiri.  

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Supardi mengatakan, bahwa untuk pengembangan kampung ternak di Lampung Tengah mengunakan dua versi, yakni dengan kemitraan dan anggaran dana desa . 

"Untuk kampung ternak, yang dikelola kemitraan tahun ini ada tiga. Yakni di Seputih Raman, Trimurjo dan Dono Arum," ucapnya. 

Ketiga kampong diatas bekerjasama dengan PT Indoperima Bif (IPB). PT IPB membantu dalam mengarahkan permodalan pinjaman dengan bank, lewat program kur, dan pelatihanya. 

Sementara, kampung ternak yang dianggarkan melalui dana desa(dd)  mekanismenya dijalankan oleh Bumdes. pmk yang lebih mengetahui. "Namun seperti yang saya ketahui sampai dengan saat ini, sudah ada sekitar 45 kampung dari 11 kecamatan yang siap dalam penerapan program kampung ternak ini," terangnya. 

Dikesempatan yang sama terpisah, Kepala Bidang(KaBid)  Pemberdayaan PMK Sumarno membenarkan, bahwa 45 kampung siap menggarap program kampung ternak. Dengan mekanisme pengelolaan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Untuk anggarannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing kampung tersebut. 

"Karena tingkat persoalan disetiap kampung berbeda-beda,  Maka penyertaan modal anggaran di tiap kampung untuk pembelian ternaknya juga tidak sama. Ada yang Rp 100 juta, ada yang sampai lebih. Ada juga yang dibawah Rp25 juta," terangnya(Kabid PMK).

Didalam pengembangan kampung ternak ini, beliau mengatakan bahwa harus melihat potensi kearifan lokalnya. Jadi tidak hanya terpaku pada ternak sapi saja. Karena dari 45 kampung ternak, dua diantaranya melakukan ternak kambing. Yakni tepatnya di Kecamatan Bandar Surabaya, Kampung Cempaka Putih dan Buminabung Utara.

"Sebenarnya kalau melihat dari kearifan lokalnya, kampung yang sudah menyertakan permodalannya ada sekitar 60 kampung. Tapi yang ternak hanya 45 tadi, kampung yang lain memilih usaha lain, sesuai dengan potensi kampungnya masing-masing," terang Sumarno. 

Sejauh ini, jika melihat kesiapan para pelaku ternak, ia menilai bahwa jika para pelaku ternak paham dengan mekanisme aturan badan usaha milik kampung (bumk) maka tidak ada masalah. 

"Dalam pengembangan kampung ternak, kita baru bisa memakai 150 bumk dari 300 bumk Se-Lamteng yang masih aktif, untuk kita latih para pelaku ternaknya," bebernya.

Karena jika kampung ternaik ini tidak dibekali dengan pelatihan maka tidak akan berhasil. Maka pelatihan dibutuhkan dan penting bagi pelaku usaha kampung ternak. 

Untuk pengawasan tahun depan kita anggarkan, karena saat ini masih banyak yang belum membuat badan hukum (bumk-red) maka kita fokuskan ke kesitu terlebih dulu. 



"Untuk kampung ternak yang dianggarkan dari dd rata-rata sudah beli semua. Namun manajemennya masih memakai manajemen sederhana," tuntasnya.

Berita Lampung Tengah | Info Lampung Tengah | Wisata Lampung Tengah | LAMTENGNEWS.
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus